• Uncategorized
  • 0

Konsep Literasi TIK

A. Pengertian Literasi

Literasi menjadi salah satu kemampuan yang perlu dimiliki oleh setiap manusia. Literasi sendiri tentu sangat bermanfaat bagi kehidupan terlebih untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kualitas hidup. Istilah Literasi dalam bahasa Indonesia merupakan kata serapan dari bahasa Inggris literacy yang secara etimologi berasal dari bahasa Latin literatus, yang berarti orang yang belajar. Dalam bahasa Latin juga terdapat istilah littera (huruf) yaitu sistem tulisan dengan konvensi yang menyertainya. Dapat disimpulkan Literasi sendiri memiliki pengertian sebagai Kemampuan individu untuk mengolah dan memahami dengan membaca dan menulis.Namun, Literasi bukan hanya kemampuan menulis dan membaca, Literasi tentunya berkaitan erat dengan kemampuan berbahasa baik secara lisan maupun tulisan.

B. Pengertian Literasi TIK dan Hubungan Literasi dengan TIK

Seiring berkembangnya zaman, tentu arus teknologi akan terus berkembang pesat dan mau tidak mau kita sebagai umat manusia pada zaman itu harus mengikutinya. Banyak sekali hal-hal yang dikaitkan dengan teknologi mulai dari Komunitas kehidupan, lembaga pendidikan bahkan dunia pekerjaan. Konsep Literasi dapat dihubungkan dengan penggunaan teknologi untuk mencari informasi demi menambah pengetahuan yang berguna bagi kehidupan. Maka dari itu pengertian dari Literasi TIK adalah Kemampuan menggunakan teknologi digital, alat komunikasi dan atau jaringan untuk Mendefinisikan(Define), Mengakses(Access), Mengelola(Manage), Mengintegrasikan(integrate), Mengevaluasi(evaluate), Menciptakan (create) and Mengkomunikasikan (communicate) informasi secara baik dan legal dalam rangka membangun masyarakat berpengetahuan.

  1. Define (mendefinisi)
    menggunakan digital tools untuk mengidentifikasi dan menggambarkan kebutuhan informasi (identifikasi topik atau permasalahan yang dihadapi).
  2. Access (mengakses)
    mengetahui cara dan lokasi untuk mengumpulkan dan mendapatkan informasi dalam ruang lingkup digital.
  3. Manage (mengelola)
    mengorganisir, mengklasifikasikan, memilah milih informasi yang ada menggunakan digital tools.
  4. Integrate (mengintergrasi)
    menafsirkan dan menggambarkan informasi yang didapatkan dengan menggunakan digital tools untuk menyatukan,meringkas,,membandingkan informasi dari berbagai sumber.
  5. Evaluate (mengevaluasi)
    meninjau lebih jauh atau menilai sejauh mana informasi yang ada memenuhi kebutuhan dari topik atau permasalahan yang dihadapi
  6. Create (menciptakan)
    mengadaptasi,menerapkan, merancang, membangun informasi
  7. Communicate (mengkomunikasikan)
    menyebarluaskan atau menyampaikan infromasi yang didapatkan terkait topik atau permaslahan yang dihadapi ke pihak luar/audiens tertentu.

Jika dilihat dari pengertiannya, Dalam menggunakan teknologi digital dalam mencari informasi diperlukan kemampuan literasi yang baik terlebih dalam kemampuan berbahasa agar informasi yang didapatkan diketahui kebenarannya dan dapat bermanfaat bagi kehidupan.

C. Kelebihan dan Kekurangan TIK

Perkembangan teknologi yang pesat tentunya memiliki banyak kelebihan untuk kehidupan manusia, contohnya seperti Di bidang sosial dapat memudahkan kerabat atau keluarga jauh untuk berkomunikasi, lalu untuk di bidang pendidikan memudahkan proses pembelajaran seperti adanya bimbel online yang beredar, TIK pun dapat menguntungkan di bidang hiburan seperti game online, video, atau bahkan film yang dapat dinikmati ketika sedang bosan atau penat, dan masih banyak lagi keuntungan lain dari TIK.

Namun, Perkembangan teknologi yang tiada batas pun memberikan bahaya yg cukup membuat kita harus waspada, antara lain seperti kontrol konten, banyak sekali beredar konten konten yang tidak sesuai dengan umur namun bisa diakses oleh pengguna dibawah umur, maka kita sebagai pengguna harus berhati-hati dalam memilah konten yang akan kita lihat. Selain itu, kebebasan berekspresi pun menjadi salah satu kekurangan dari TIK, disini setiap orang dapat mengekspresikan apa yang dirasa tanpa memikirkan nasib atau output yang akan didapatkan, dari sinilah muncul hate speech kepada orang dengan menggunakan anonim dan menjadi media terjadinya bullying. Ancaman Keamanan baik di dunia nyata maupun dunia maya pun menjadi bahaya contohnya seperti maraknya penculikan yang terjadi berawal dari social media, ataupun penipuan yang dilakukan secara online.

 

 

Literasi TIK sangatlah penting bagi kehidupan, karena jika kita tidak mengikuti perkembangan teknologi, maka akan banyak informasi yang tertinggal dan kualitas hidup pun akan rendah. Namun alangkah baiknya jika ketika kita menggunakan teknologi lebih berhati-hati dalam memilah informasi tidak langsung menyerapnya dan jangan menyalahgunakan fasilitas fasilitas teknologi agar tidak terjadi hal-hal yang buruk dan informasi dapat tersampaikan dengan baik dan benar

 

 

Source:

PENGERTIAN LITERASI TIK

Pengertian Literasi TIK dan Literasi Informasi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *