• Uncategorized
  • 0

Mencari Informasi di Internet dan Evaluasi Web

Internet menjadi salah satu media tempat tersebarnya beragam informasi yang lengkap. Ketika kita ingin mencari suatu informasi, hanya dengan mengetik apa yang kita cari maka akan keluar beribu bahkan berjuta informasi yang kita cari hanya dalam waktu yang singkat. Diantara berjuta hasil yang didapatkan tentu kita perlu hati-hati dalam mencari informasi dari sumber yang kredibel dan terpercaya agar terhindar dari berita hoax dan hal-hal yang tidak diinginkan. berikut adalah cara yang dapat dilakukan ketika mencari sebuah informasi di search engine:

  1. Gunakan kata kunci yang spesifik
  2. Gunakan kata kunci yang bervariasi
  3. Gunakan kalimat tanya, sesuai aturan 5W 1H
  4. “Tanda kutip”
  5. Gunakan tanda plus (+) dan minus (-)

Ketika sudah terdapat web-web yang akan kita dapat informasinya, perlu diperhatikan web yang akan kita lihat agar mendapat informasi yang kredibel, diantaranya

  1. Periksa apakah web tersebut diakses banyak orang dan memiliki nama website yang berhubungan dengan informasi yang akan kita cari
  2. Periksa konten yang sudah di publikasi, apakah berhubungan dengan apa yang kita cari atau tidak
  3. Lihat testimoni yang diberikan oleh para pengakses web tersebut. Apakah responnya positif atau tidak.
  4. Jangan hanya melihat dari satu website saja, tetapi lihat dari beberapa website sebagai referensi dan membuktikan kebenaran informasi yang kita cari
  5. Janganlah malas untuk membaca, bacalah seluruh artikel jikalau ada beberapa informasi yang tidak sesuai

URL dan Bagian-Bagiannya

URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator, URL merupakan serangkaian karakter dapat berupa huruf, angka, ataupun simbol. Yang sesuai dengan format standar yang sudah ditentukan.

Fungsi URL pada dasarnya digunakan untuk menemukan file yang akan dituju oleh para pengguna internet. URL Dapat Juga untuk memindahkan user dari halaman suatu web ke halaman lainnya dengan menggunakan media Hyperlink. Selain itu URL juga memiliki Manfaat lainnya. Diantaranya adalah :

  • Untuk memudahkan dalam mengakses Website, dan Kalian akan dapat dengan mudah mengingat Website yang sudah pernah kalian akses.
  • Digunakan untuk penamaan suatu file pada Website.
  • Untuk Sarana Identifikasi file,dokumen, gambar dan lain sebagainya pada suatu Website.

Berikut adalah komponen komponen dalam URL:

  1. HTML (Hyper Text Markup Language) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.
  2.  URL (Uniform Resource Locator) adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. 
  3. DOMAIN menurut Wikipedia Nama Domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Sederhananya domain merupakan nama unik/alamat untuk website anda, domain biasanya diakhiri dengan .com, .net, .org, .biz, .asia, .us dan lain-lain.
  4. HOSTING biasa disebut dengan Web-Hosting, adalah perusahaan yang menyediakan layanan dan penyimpanan Web bagi perorangan atau perusahaan. Dengan kata lain Hosting adalah salah satu bentuk layanan penyewaan ruang simpan data (space) yang digunakan untuk menyimpan data – data website agar halaman website tersebut bisa diakses dari mana saja.
  5. WWW atau World Wide Web maupun Web saja adalah sebuah sistem yang saling terkait dalam sebuah dokumen berformat hypertext yang berisi beragam informasi, baik tulisan, gambar, suara, video, dan informasi multimedia lainnya dan dapat diakses melalui sebuah perangkat yang disebut web browser.
  6. HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol yang merupakan protokol untuk mengatur komunikasi antara client dan server. Dalam hal ini, client adalah browser atau perangkat yang dapat menampilkan konten web. Sedangkan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah versi aman dari HTTP.

Source:

https://teknojurnal.com/apa-itu-http-dan-apa-perbedaannya-dengan-https/

https://www.ngasihtekno.com/pengertian-fungsi-contoh-url/

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *